catatan senyuman

Membaca Radio Komunitas

Perkembangan radio komunitas di Indonesia, saat ini memasuki tahap yang boleh dibilang cukup menggembirakan. Bukan hanya karena telah diakui oleh undang-undang sebagai salah satu lembaga penyiaran yang sah, tetapi juga karena animo masyarakat maupun  para aktivis LSM yang demikian tinggi telah menambah jumlah radio komunitas secara drastis.
Seiring dengan bertambahnya jumlah radio komunitas, sebenarnya mulai tampak pula betapa masih lemahnya existensi dan independensi radio komunitas, mengingat para pengelola dan berbagai pihak yang terkait dengan keberadaan radio komunitas, masih belum memahami benar esensi keberadaan radio komunitas sebagai community empowerment media. Sehingga radio komunitas dipandang hanya sebagai media semata, sama seperti media hiburan yang diselenggarakan oleh industri media. Pemerintah mungkin melihat sisi strategis radio komunitas, sayang mereka terjebak pada pandangan bahwa informasi perlu dikontrol oleh pemerintah sehingga muncul ide Jaringan Komunikasi Sosial dan semacamnya. Keduanya sama tidak menguntungkan bagi exixtensi dan independensi radio komunitas di Indonesia.
Salah satu solusi yang paling mungkin di tempuh untuk tetap menempatkan radio komunitas pada ‘track’nya, adalah dengan melalukan capacity building kepada para pengelola radio komunitas. Salah satu hal yang penting adalah meningkatnya kapasitas pengetahuan terhadap isu-isu social yang lain bagi pengelola radio komunitas. Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan pengelola radio komunitas, dapat mendorong mereka untuk melakukan advokasi dan empowerment kepada radio komunitas masing-masing. Pada gilirannya, ketika radio komunitas telah mapan, sudah semestinya mereka pun mampu menjadi empowerment media bagi komunitas masing-masing.

One comment on “Membaca Radio Komunitas

  1. Tien Eda
    March 5, 2010

    Bangga juga melihat kemajuan masyarakat Maumere saat ini, semoga makin jaya ya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 3, 2008 by in catatan kecil.
%d bloggers like this: