catatan senyuman

Gelisah

saya mulai mencatat lagi mungkin disebabkan oleh obrolan tadi sore di madrasah falsafah temanya ‘gelisah.’ mengingat-ngingat lagi tema ini saya mulai menelusuri pernyataan-pernyataan para sastrawan atau pun seniman tentang ‘gelisah.’ pernyataan paling umum yang sering diucapkan oleh para seniman ini adalah ‘gelisah itu sumbu kreatifitas’ tanpa kegelisahan kreatifitas jadi buntu. itu yang sealalu saya ingat dari pernyataan-pernyataan para seniman. pertanyaannya apakah gelisah itu? dan bagaimana gelisah itu tumbuh dan berkembang?

kata ‘gelisah’ seolah-olah udah jadi kata yang setiap kita sudah paham apa maksudnya tapi betulkah kefahaman kita itu sama dengan kefahaman orang lain yang menyatakan tentang gelisah juga. dalam obrolan tadi sore di madrasah falsafah beberapa orang ternyata mempunyai pemahaman sendiri tentang gelisah.  beberapa orang mengatakan ‘gelisah’ itu rasa tidak nyaman sebagian yang lain menyatakan tidak tercapainya harapan dan keinginan ada juga yang mengatakan menunggu kepastian atau ketidaktahuan akan sesuatu. kira-kira itu lah yang terjadi ketika menelusuri apa itu gelisah.

kalau dari awal ada pernyataan kebanyakan seniman tentang gelisah itu energi untuk kreatifitas maka pertanyaanya bisakah gelisah di ciptakan, supaya kreatifitas terus-menerus ada? teman saya Dauz mengatakan bahwa dirinya selalu menciptakan ‘kegelisahan’ sebagai energi kreatifitasnya. saya kok menanggapi tema ini agak cenderung sama dengan persepsi orang pada ‘gelisah’ yang muncul dari belum tercapainya keinginan dan pengharapan artinya gelisah-nya tidak diciptakan tapi keinginan dan harapanya kita ciptakan sehingga gelisah akan terus ada seperti keinginan dan harapan yang terus-menerus kita ciptakan dalam menjalani hidup lebih baik. kira-kira begitulah pikiran saya lain kali saya tambah lagi atau mungkin berubah lagi. ah, jangan-jangan saya sedang gelisah.

One comment on “Gelisah

  1. ima
    December 5, 2008

    dulu saya sering gelisah karena gelisah ga berkarya.tapi sekarang saya gelisah karena tidak ada gelisah untuk berkarya…grrr!!!kumaha atuh…

    Like

Leave a Reply

Information

This entry was posted on May 7, 2008 by in catatan kecil.
