catatan senyuman

Pernyataan Sikap Pribadi Untuk Bumi Yang Kucintai

karena bumi satu-satunya pelanet yg layak huni & tempat tinggal terbaik bagi mahluk hidup maka kutulis pernyataan sikap ini. pernyataan diri sendiri untuk diri sendiri dan siapa tau teman, saudara, tetangga, kerabat, manusia, pun mahluk hidup lainnya bisa ikut terlibat dengan caranya sendiri.
inti pernyataan sikap ini adalah ‘jagalah bumi supaya tetap sehat.’ kata ‘jaga’ bisa juga diartikan rawat, perhatikan, kelola dengan baik, pun cintai dengan tulus.
bagaimana menjaganya? karena sumber hidup bagi mahluk hidup adalah udara yg sehat tempat mahluk hidup bernafas, tanah yg sehat tempat tumbuh sumber makanan yg sehat, dan air yg sehat yg memungkinkan semua siklus hidup berjalan sehat. maka pernyataan sikap ini mengajak pada diri sendiri untuk menjaga udara tetap sehat, tanah tetap sehat, dan air tetap sehat.

tentang udara yg sehat
ada dua pengertian tentang udara yg sehat ini. pertama, udara tempat memproduksi oksigen-karbondioksida sumber mahluk hidup bisa bernafas. karenanya pula kita disebut mahluk hidup. bukankah kalau sudah tidak bernafas disebutnya mati? kedua, udara tempat pengetahuan ditukarkan lewat sinyal-sinyal frekuensi ( televisi, radio, internet, hp, dan teknologi2 lain yg mengeksploitasi udara sebagai dasar operasinya). pengertian kedua ini mudah sekali berubahubah tapi pokok pengertianya udara yg sehat adalah pengetahuan yg ditukarkan lewat udara harus sehat apapun jenisnya dan bentuknya.

tentang tanah yg sehat
tanah adalah sumber makanan baik untuk tubuh maupun pikiran. karena dari tanah lah banyak sekali tubuh ini mendapat energi. tanah juga tempat tumbuh pohonpohon bahan dasar kertaskertas, kainkain, tembagatembaga, rumahrumah, gedunggedung, jalanjalan, mallmall, pun produksi udara yang sehat. kertaskertas menjadi buku, majalah, koran, buletin ruang bagi pengetahuan tumbuh subur. tembagatembaga menjadi komputer, televisi, radio, hp, motor, mobil, pesawat terbang, kapal laut ruang bagi kegiatan berjalan normal.

tentang air yg sehat
percayalah tubuhku ini kebanyakan mengandung air. dan bukankah manusia hadir dibumi dari negosiasi jenis air ( sperma & ovum). tapi bukan itu saja, air juga tempat ikanikan dan sumber sirkulasi bumi berjalan normal. karena air lah udara dan tanah dibersihkan. air yang sehat akan melahirkan manusia yang sehat.

ini lah pernyataan sikap pribadi untuk bumi yg kucintai ditujukan untuk diri sendiri dan siapa tau teman, kerabat, saudara, manusia, pun mahluk hidup lainya bisa terlibat dengan caranya sendiri. sebagai tempat terbaik yg layak huni maka bumi selalu dicintai matahari. matahari adalah sesuatu yg diluar bumi dan diri kita sendiri. sesuatu yg layak juga kita cintai sebagai penjaga siklus energi semesta yg tanpanya bumi akan jadi murung dan gelapgulita.
masalahnya matahari di luar sana (apakah karena dia ada diluar sana maka bisa kita tuduh sebagai sumber kerusakan di bumi?). selayaknya kita cukup mencintai matahari dengan berbuat baik sebaik-baiknya di bumi.

Iman Abda
seorang mahluk hidup di bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 18, 2011 by in catatan kecil and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: