catatan senyuman

Sekolah Radio Komunitas

Radio Komunitas sebagai bagian dari Organisasi masyarakat sipil (civil society) merupakan salah satu institusi/lembaga yang memilki visi dan orientasi untuk membangun dan mempertegas tahapan nilai demokrasi di Indonesia. Agar visi yang ditegaskan oleh radio komunitas dan nilai yang hendak dicapai sungguh menjadi orientasi utama dalam masyarakat sipil maka dibutuhkan kepemimpinan. Kepemimpinan tersebut adalah kempemimpinan demokratis yang mampu menggerakkan individu dan masyarakat sipil untuk berkomitmen pada nilai-nilai dan penegakkan sosial-demokrasi sehingga berpengaruh pada sistem sosial dan politik yang lebih adil. Di tingkat masing-masing individu juga dibutuhkan kepemimpinan diri yang visioner agar seluruh aktivitasnya digerakkan oleh motivasi pribadi yang kuat dan mendalam.

Dalam konteks ini, pendidikan dianggap sebagai salah satu instrument untuk membangun nilai-nilai demokrasi melalui pembinaan dan pengembangan kapasitas manusia itulah alasan perlunya Sekolah Radio Komunitas.

Sekolah Radio Komunitas memiliki visi untuk membangun masyarakat sipil yang berorientasi dan mendorong transformasi sosial. Visi merupakan jawaban atas berbagai tantangan kepemimpinan di masa depan Indonesia, yaitu ; (1) bagaimana mengembangkan karakter kepemimpinan yang memiliki daya tahan, daya juang dan daya tawar untuk menginisiasi transformasi sosial, (2) bagaimana melahirkan pemimpin masyarakat sipil yang memiliki komitmen untuk melindungi hak-hak minoritas, (3) bagaimana mengembangkan kepemimpinan masyarakat sipil yang berorientasi pada citizen rights, (4) bagaimana membangun kesadaran pemimpin untuk mampu belajar pada kearifan sejarah.

Sedangkan isu strategis yang dimunculkan dalam Sekolah Radio Komunitas adalah hak asasi manusia sebagai instrumen pemberdayaan masyarakat. Karakter dan kompetensi dasar kepemimpinan yang mampu memfasilitasi proses transformasi sosial, pengorganisasian konflik, dan kemampuan analisis sosial dan advokasi untuk pemberdayaan masyarakat.

Secara khusus Sekolah Radio Komunitas ditujukan bagi aktivis radio komunitas, dengan harapan supaya para partisipan nantinya mampu memberikan wahana yang subur bagi munculnya pemimpin yang mempunyai orientasi pada masyarakat sipil, memiliki kualitas yang handal, serta memiliki kemampuan pengorganisasian yang memadai untuk melakukan dan mengelola perubahan.

One comment on “Sekolah Radio Komunitas

  1. Radio Komunitas Petani Perlu Dikembangkan Dikuta Meuligou Sawang Aceh Utara,itulah sebabnya walou keterbatasan Dana kelompok Tani Nur Al-Amin Berkeinginan untuk mengembangkan News Radio Komunitas Petani MJBS FM, mohon dukungan dana dari yang berhak untuk memajukan Radio Komunitas Petani di Indonesia,yang ingin bantu hub 085310641972 http://www.mjbsfm.blogspot.com atau email : mjbs.fm.@gmail.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 18, 2011 by in catatan kecil, Radio Komunitas and tagged , .
%d bloggers like this: