catatan senyuman

Memilih Radio Komunitas Sebagai Alat Perjuangan

Ada banyak pertanyaan dari beberapa teman baik itu secara personal maupun kelembagaan tentang kenapa saya memilih radio komunitas sebagai alat perjuangan untuk mengisi masa reformasi? Jawaban yang saya selalu kemukakan sejak tahun 1999/2000 (awal2 menggagas radio komunitas masuk ke rancangan UU Penyiaran) adalah karena radio komunitas alat paling masuk akal baik secara ekonomi maupun politik  untuk digunakan rakyat dengan leluasa.

Bagi masyarakat akar rumput, Rakom penting karena bisa menjadi pemegang mandat hak masyarakat untuk mengetahui dan memberitahukan informasi, the rights to know dan the rights to inform. Bukan itu saja, perangkat dan biaya operasinya yang relatif murah membuat masyarakat, tidak hanya pemodal besar dan pemerintah, sekarang mampu mempunyai media informasinya sendiri yang tidak lagi dikontrol oleh berbagai kepentingan dari luar komunitas tapi betul-betul bisa dipakai untuk membantu komunitas memenuhi kebutuhannya dan memecahkan masalah-masalah yang ada. Bahkan suara mereka nanti tidak hanya diudarakan di komunitasnya sendiri, tapi akan bisa disiarkan oleh Rakom-rakom lainnya melalui kerja berjaringan.

Menyuarakan kepentingan komunitas itu gagasan mendasar yang ada di balik kerja-kerja penguatan radio komunitas. Agenda/ kepentingan yang selalu di suarakan oleh para aktifis Rakom di awal kelahirannya adalah mendobrak monopoli penguasaan frekwensi, yang meskipun merupakan ranah publik namun masih hanya dikuasai oleh segelintir orang. Sampai saat ini kondisi ini tidak berubah malah makin menguat.

Untuk bisa mengudara dengan tenang Rakom butuh frekwensi, lebih jauh dari itu adalah bagaimana rakyat bisa menjadi bagian dari pengelolaan sumber daya alam frekwensi tersebut. Orientasi kepentingan komunitas inilah yang mendorong Rakom memainkan peran yang lebih dari sekedar menghibur dan memberi informasi. Rakom bisa menjadi media pendidikan politik yang potensial. Media pembangunan kesadaran tentang hak dan kewajiban warga sebagai warga negara –paling tidak bisa mendorong masyarakat bersikap kritis-, dan media yang bisa menjadi pendorong meluasnya partisipasi masyarakat dalam memecahkan persoalan yang ada.

Namun, perkembangan yang pesat tidak menjamin Rakom bebas dari persoalan mendasar. Ada tantangan besar bagi pengelola Rakom untuk membuktikan bahwa pengelolaan Rakom bukan hanya sekedar hobi dan hanya dilandasi semangat saja. Tapi mereka harus membuktikan bahwa keberadaan Rakom  sebagai alat untuk membangun kesadaran jadi warga negara yang mengerti etika, hukum, teknologi, dan hubungan social-politik penuh kesetaraan dan kedamaian serta mendorong tumbuhnya ekonomi rakyat di area layanan rakom tersebut.

Rakom pada dasarnya memainkan peran yang hampir sama dengan media massa umum, hanya saja levelnya yang berbeda. Ia berada di level komunitas. Dengan demikian fungsi kontrol sosial, disamping fungsi menghibur, mendidik dan menginformasikan juga menjadi bagian yang penting dari Rakom.

Di sisi lain, kita akan melihat bahwa Rakom merupakan simpul informasi bagi sebuah sistem informasi dalam sebuah komunitas. Peran simpul tersebut adalah memediasi dan merekatkan serta membangun kesadaran komunitas akan arti pentingnya informasi. Selain itu, simpul tersebut juga menjadi alat pendukung bagi penyelesaian masalah, perencanaan kegiatan, pemantauan program dan sebagainya.

Kira-kira itu catatan kecil saya tentang Rakom semoga bisa memberi gambaran sedikit.

One comment on “Memilih Radio Komunitas Sebagai Alat Perjuangan

  1. Ryan Septyanto
    January 10, 2013

    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL ANEKA macam BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 10, 2012 by in Radio Komunitas, Uncategorized and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: