catatan senyuman

Memasak Ikan Kakap

“Dunia ini begitu baik karena menyediakan bahan makanan untuk di masak.”

bila suatu hari anda bosan dan butuh tambahan energi hidup, tambahan pengalaman maka cobalah dengan memasak. Merasakan menjadi koki dadakan dengan rencana menu yang berantakan. tidak apa-apa, namanya juga belajar dari pengalaman. heheheu. Ini yang saya lakukan dalam situasi seperti itu, saya datang ke swalayan, mencari bahan mentah untuk dimasak, bahan dasar berkarbohidrat, berprotein, setelah itu mencari bumbunya.

dalam tempo cepat saya harus memutuskan ingin makan apa? pilihin saya langsung ingin makan ‘enak’, jawab itu tidak memberikan putusan, maka saya memilih membeli filet ikan kakap untuk protein dan kentang untuk karbohidratnya. sisanya adalah bumbu seperti lada putih, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, mentega, dan kecap inggris. Jangan tanya saya kenapa pilih kecap ini ya. heheheu.

rahasia sederhana menghilangkan bau ikan, selain dengan garam dan dicuci berulang adalah memberinya jeruk nipis dan jahe. selain menambah aroma segar ikan menambah rasanya lebih ‘greng.’ kalau tidak percaya cobalah sendiri.

setelah pikiran meamsak muncul terus belanja bahan nya, pertanyaan serius yang saya hadapi adalah, di masak dimana? di dapur teman yang mana? ini pertanyaan serius bagi anak kost yang tidak punya dapur. hehehehu. tapi saya percaya pada pepatah, dimana ada niat pasti selalu ada jalan, bila ingin memasak selalu ada teman🙂 terbukti, ada teman yang dengan antusias menyediakan dapur dan sebagian bumbu + minyak goreng yang ada di dapur tersebut dipergunakan.

ini prosesnya;

saya rendam filet daging kakap di kecap inggris dengan tambahan jeruk nipis, jahe yang sudah di tumbuk, dan bawang putih. diamkanlah kurang lebih 15 menit-an. menunggu itu persiapkanlah untuk menyiapkan karbohidrat. memasak kentang. saya rebus kentang, setelah matang  ditumbuk dengan bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, dan garam. saya juga rebus sayuran yang tinggal rebus aja ( sayuran di sachet berisi kacang polong, jagung, dan buncis).

sambil nunggu rebusan mateng mengiris-iris bawang bombay untuk sausnya. sambil melakukan itu semua lebih menyenangkan kalau melakukan bersama teman dengan bergosip politik atau hal lainnya. heheheu, ngapain juga gosip politik waktu masak ya? saya juga baru nyadar sekarang. heheheu.

nah, inilah hasilnya:

Image

rasanya gimana? tentu saja ueeeunnnaaak tenannn.😉 itu menurut saya ya.

ini penampakan bahan-bahan setelah proses di masak di dapur teman. Bon Apetit!

C360_2014-04-13-15-08-58-051C360_2014-04-13-15-08-40-198

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 15, 2014 by in catatan kecil, Cerita, foto, Uncategorized.
