catatan senyuman

Mengikuti Konfrensi Jurnalisme Radio di Strasbourg

katalog konfrensi GRER IMG_20140321_145022

Mengikuti acara konfrensi tentang jurnalisme radio di era digital yg diadakan oleh GRER di Strasbourg adalah sebuah pengalaman unik, mendebarkan dan tak akan terlupakan. Sebabnya sederhana soal bahasa. Bahasa utama yang digunakan di konfrensi adalah bahasa Prancis dimana saya begitu gagap bicara dengan bahasa ini. Walaupun pada beberapa kesempatan saya bisa berbincang menggunakan bahasa Inggris yang lumayan bisa saya mengerti, tidak terlalu mahir karena bagaimanapun itu bahasa inggris bukan bahasa ibu.

Konfrensi International ke-7 yang diadakan oleh GRER www.grer.fr ini bertempat di Maison Interuniversitaire des Sciences de l’Homme – Alsace – (MISHA) mengambil tema ‘Information et Journalisme Radiophonique a L’ere du Numerique.’ Informasi dan jurnalisme radio di era digital. Konfrensi ini bekerjasama dengan CUEJ ( Le Centre Universitaire d’Enseignement du Jurnalisme) Universitas Strasbourg http://cuej.unistra.fr dan SAGE (Societes, Acteur, Gouvernement, en Europe) http://sage.unistra.fr

Saya menjadi salah satu pembicara dalam konfrensi ini dengan presentasi berjudul Community radio and the anti-corruption movement in Indonesia (Radio communautaire et mouvement anti-cor- ruption en Indonésie) catatan singkat tentang presentasi ini bisa lihat ditulisan saya yang di unggah juga di blog ini.

1395338972476 IMG_20140321_184206

Konfrensi diadakan selama 2 hari dengan jadwal yang padat dimulai pagi menjelang siang selesai sore menjelang malam. ditutup di hari ketiga dengan pertemuan khusus membahas tentang organisasi GRER nya sendiri.

Selama konfrensi dengan masyoritas pengguna bahasa Prancis menjadikan saya peserta yang paling banyak diam, menjadi pendengar yang baik dan mencatat beberapa dialog seru berkaitan dengan jurnalisme radio di era digital. Soal yang seru dibahas adalah model interaksi baru antara pendengar dan penyiar radio dengan menggunakan media sosial sebagai alatnya. Selain itu juga membahas soal teknologi, hasil-hasil riset dibeberapa negara seperti amerika latin dan afrika berkaitan dengan radio. Untuk lebih jauh mengetahui soal isi konfrensinya bisa baca artikelnya di websitenya GRER. link nya sudah dicatatkan di awal tulisan.

Sebagai pendengar dan peserta konfrensi yang baik saya lebih suka mencatat perdebatan dengan sedikit bertanya. Acara konfrensi ini di desain dengan model debat dimana beberapa panelis dihadirkan untuk membahas tema-tema penting dalam perkembangan radio di era digital. Debat tersebut disiarkan langsung oleh INA (Institut National l’Audiovisuel) www.ina.fr dan RFI (Radio France International) www.rfi.fr

IMG_20140321_135910

Untuk menghadiri konfrensi ini, saya berangkat dari Yogjakarta ke Jakarta kemudian menuju Paris menggunakan pesawat KLM-AIR France dengan transit di Kuala Lumpur International Airport. Sampai di bandara international CDG Paris, kurang lebih 18 jam waktu yg dibutuhkan untuk perjalanan di udara. Dilanjutkan perjalanan Paris-Strasbourg naik TGV dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Cerita Perjalanan dan pengalaman di Bandara ataupun stasiun di Paris akan saya ceritakan dalam tulisan lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 5, 2014 by in catatan kecil, foto, Jalan-jalan and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: