catatan senyuman

Bertemu Tetsujin sang Robot Penjaga Kota Kobe

10462821_1645066135707395_3722412374134134582_n

Ini masih bagian dari cerita tentang trip di Jepang. Tibalah kami di kota Kobe dengan naik kereta Sinkansen dari Tokyo. Kemudian naik kereta lokal berhenti di stasiun Shin-Nagata untuk menuju hotel Suave Kobe Asuta sebagai tempat menginap kami di Kobe. Waktu sudah malam, sekitar jam 10-an. Di lobby hotel saya di kasih brosur yang isinya map kota Kobe dengan cover gambar robot. Pertama kali melihat brosurnya saya langsung tertarik. Soalnya unik. Tapi malam itu tubuh sudah cukup lelah sehingga memilih untuk langsung istirahat tidur.

besoknya masih ada agenda untuk berkunjung ke Komunitas Takatori tempat radio komunitas FMYY berada. Dengan agenda workshop membuat proposal tentang radio kebencanaan.

Setelah sarapan, hujan masih mengguyur kota Kobe, setelah sedikit reda, barulah kami jalan ke rakom FMYY melewati taman Wakamatsu tidak jauh dari hotel. Dari jalan sudah terlihat ada sebuah patung robot yang dibuat menjadi monumen kota. Robot itu bernama Tetsujin 28 go, konon di Amerika robot ini terkenal dengan nama Gigantor. Seperti robot Ironman. Tetsujin adalah robot yang jadi tokoh utama serial komik yang diciptakan oleh legenda anime Jepang yang lahir di Kobe yakni Mitsuteru Yokoyama.

Monumen robot Tetsujin adalah monumen unik yang dibuat pasca gempa besar di Kobe tahun 1995 dengan tinggi 18 meter dan berat 50 ton. Patungnya terbuat dari besi yang solid. Terlihat gagah dan kokoh. Seperti dibanyak cerita film anime Jepang kehadirannya seolah menjadi penjaga kota Kobe dari serangan monster dan bencana. Selain itu sekaligus bisa jadi daya tarik wisata baru untuk orang-orang datang ke kota Kobe.

Saya kira, Tetsujin adalah sebuah karya seni inovatif yang unik dan menarik yang kehadirannya bisa dijadikan sebagai penanda kota. Beruntung saya bisa bertemu dengan nya. Kalau anda sedang di Jepang dan jalan ke kota Kobe jangan lupa berkunjung ke tempat ini.

dok Foto: Charlie Saceda

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 29, 2015 by in catatan kecil, Jalan-jalan and tagged , , , , .
%d bloggers like this: