catatan senyuman

Lawang Sewu dan Cerita Hantu

IMG_20150919_203519IMG_20150919_205041

Konon menurut cerita di tempat ini, Lawang Sewu, banyak sekali hantu. Kata sebagian orang di tempat ini ribuan makhluk gaib  bermukim. Maka tidak heran kalau guide pendamping para wisatawan, sebelum memulai tour mengelilingi gedung akan bercerita, beberapa titik dari lokasi gedung ini tidak boleh dimasuki. Kalau dimasuki tidak bertanggung jawab terhadap sesuatu yang akan terjadi nantinya. Merinding ga tuh dengernya.😀

Karena  saya sebelumnya pernah mendengar cerita tentang hantu di Lawang Sewu ini, dan kalau tidak salah pernah juga diberitakan dan dijadikan lokasi oleh beberapa stasiun teve yang punya acara berkaitan dengan dunia gaib dan misteri. Maka saya mendatangi tempat ini malam hari, supaya bisa merasakan dan menghidmati suasana tempat ini. Mengasyikan sekaligus sedikit meyeramkan. cara terbaik menaikan adrenalin.

IMG_20150919_203355

Katanya ada beberapa lokasi gedung dan titik-titik tertentu tempat berkumpulnya para mahluk gaib tersebut yaitu bagian sumur tua, pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkok, ruang utama serta di bagian ruang penyiksaan.

Dan, kayaknya bukan rahasia lagi jika cerita misteri hantu seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud para tentara Belanda, serdadu Jepang dan hantu wanita nonik Belanda sangat kental terdengar di sejumlah lokasi Lawang Sewu.

Kata tukang parkir di pinggir gedung ini, katanya yang paling horor itu di lokasi pembantaian, baik pada masa penjajahan Belanda maupun Jepang. Masalahnya saya tidak tahu dimana lokasi tepatnya tempat itu di gedung ini. Karenanya tidak terlalu mengganggu pikiran ketika jalan-jalan di dalamnya.
IMG_20150919_202731

Konon katanya ada sebuah penjara berdiri yang terletak di bawah tanah, tempat para tahanan jaman Belanda, maupun ketika dikuasai Jepang yang digunakan untuk memenjarakan orang sampai berdesak-desakan hingga banyak meninggal dunia. Saya sendiri tidak tahu posisi tepatnya di mana karena waktu ke Lawang Sewu saya jalan sendiri tidak ikut guide tour.

IMG_20150919_203053 IMG_20150919_201942

Oh ya, disebut Lawang Sewu karena masyarakat setempat melihat bangunan ini memiliki banyak pintu dan jendela besar seperti pintu. Menurut bahasa Jawa, Lawang artinya pintu taua bisa juga jendela, sewu artinya seribu. Jadi Lawang Sewu adalah gedung yang mempunyai seribu pintu dan jendela. Meskipun kenyataannya, jumlah pintunya atau pun jendelanya tidak sampai seribu.

IMG_20150919_205823 IMG_20150919_205759 IMG_20150919_205305 IMG_20150919_204748

Tempat ini terletak di depan Tugu Muda, Semarang. Jadi kalau malam hari nongkrong di taman Tugu Muda sambil melihat gedung Lawang Sewu suasananya menjadi romatis. Coba aja anda rasakan sendiri kalau datang ke tempat ini malam hari. Nongkronglah di taman Tugu Muda dan rasakan asyiiknya.

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini menurut catatan sejarahnya dibangun tahun 1904 sampai 1907. Sedang denah arsitekturalnya dibuat di Belanda tahun 1903. Artinya, usia gedung ini udah lebih dari 100 tahun. Itu sebabnya juga kenapa tempat ini termasuk salahsatu bangunan kuno atau bersejarah yang patut di lindungi.

Menurut wikimedia.org, setelah kemerdekaan gedung ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Pada masa perjuangan, gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober – 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang.

Saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero. Dan masih menyisakan cerita-cerita misteri.

IMG_20150919_204313

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 25, 2015 by in catatan kecil, foto, Jalan-jalan and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: